Taktik Pemasaran Internet pada Musim Liburan

by Danang Widiatmoko on Jan 07 2022

taktik-pemasaran-internet-untuk-musim-liburan
Taktik pemasaran internet untuk musim liburan

Musim liburan tahun ini benar-benar akan segera dimulai. Kebanyakan orang menghabiskan waktu musim liburan mereka dengan berlibur dan berbelanja kebutuhan mereka. Bagi Anda pemilik bisnis, momen inilah yang sangat tepat untuk meningkatkan penjualan Anda dengan taktik pemasaran yang sesuai pada target pasar Anda.

Tentu saja Anda sangat membutuhkan tim khusus untuk internet marketing di musim liburan. Dengan tim yang kuat, maka akan tercapai target penjualan dan meningkatkan konversi pengembalian anggaran promosi Anda pada musim liburan ini.

Sebelum kita mengetahui taktik internet marketing untuk musim liburan, ada baiknya kita melihat manfaat dari internet marketing ini agar kita bersemangat untuk terus membacanya sampai akhir.

Manfaat Internet Marketing Selama Musim Liburan

Banyak sekali manfaat internet marketing selama musim liburan. Untuk itu, saya rangkumkan beberapa inti-intinya untuk Anda.

Beberapa manfaat internet marketing selama musim liburan sebagai berikut:

1. Jangkau Pelanggan Potensial Secara Global

Dikarenakan banyak waktu senggang, apalagi di era digital saat ini kebanyakan orang memilih scroll social media daripada menghabiskan waktu di luar ruangan. Kondisi ini merupakan potensi yang besar untuk memasarkan produk Anda secara global.

Dengan penggunaan teknik SEO yang tepat Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan melibatkan mereka di situs web Anda.

2. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan Anda

Anda dapat memanfaatkan musim liburan ini dengan penawaran spesialkepada pelanggan setia Anda. Ini memungkinkan mereka untuk tetap berinteraksi jangka panjang dengan Anda.

3. Hemat Biaya Campaign

Dengan memanfaatkan musim liburan yang menjadi tren dapat menghemat biaya campaign Anda.

Kenapa? Karena dengan mengikuti tren secara otomatis produk yang Anda pasarkan akan berada di depan mata pelanggan. Ini disebabkan oleh algoritma Google yang membantu semua hal berkaitan dengan tren yang ada untuk muncul dibagian paling atas pencarian.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan pelanggan untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, slogan, dan sebagainya yang menggambarkan identitas suatu brand. Keuntungan ini didapat setelah berkali-kali identitas brand muncul dihadapan pelanggan.

Sebagai contoh, jika Anda berkendara di jalan raya dan melihat pengendara lain meggunakan jaket dan helm hijau pastinya Anda dapat mudah mengenali bahwa itu adalah seorang tukang ojek online.

Seringnya Anda membuat iklan penawaran di musim liburan akan meningkat juga brand awareness bisnis Anda terlebih lagi jika bergerak pada bidang pariwisata yang mana sangat diminati saat musim liburan tiba. Inilah manfaat dari internet marketing untuk musim liburan.


Tertarik memasarkan bisnis anda melalui digital marketing? Hubungi Kami segera.


6 Taktik Pemasaran Internet untuk Musim liburan Anda

Berikut beberapa taktik pemasaran untuk musim liburan yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan musim liburan dengan sebaik-baiknya dan membantu menutup tahun bisnis Anda dengan konversi penjualan yang tinggi.

1. Mulailah Merancang Campaign Sebelum Musim Liburan Tiba

Semua orang percaya fondasi yang kokoh akan menciptakan bangunan kuat dan indah, begitu juga pada internet marketing di musim liburan. Dengan perencanaan, campaign yang baik akan membantu meningkatkan keberhasilan campaign musim liburan Anda. Untuk itu diperlukan kerjasama tim dalam mempersiapkan hal tersebut.

Pastikan Anda memulai dengan daftar rancangan dan strategi marketing yang telah berhasil di masa lalu, kemudian buatlah jadwal rancangan tersebut. Pastikan untuk menilai kemajuan campaign musim liburan Anda saat musim berkembang, dan edit rencana Anda jika keadaan berubah.

2. Buatlah Tema Khusus Pada Musim Liburan Untuk Pelanggan Anda

Tunjukkan semangat musim liburan kepada pelanggan tetap dan pelanggan baru Anda dengan cara yang cukup sederhana seperti, mengirim kartu ucapan selamat berlibur dan berikan mereka penawaran yang Anda miliki berupa diskon, gratis ongkir, ataupun layanan gratis selama waktu tertentu.

Ingat, lakukan hal ini secara soft selling karena akan mengganggu mereka dengan setumpuk pesan penawaran pada musim liburannya.

3. Gunakan Platform Yang Sama Dengan Pelanggan Anda

Taktik pemasaran internet ini merupakan hal yang booming saat ini. Menemui mereka pada platform favoritnya adalah hal yang sangat mungkin kita lakukan di era digital ini.

Tiktok, Instagram, YouTube, Facebook adalah tempat favorit pelanggan Anda untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Gunakan konten yang menarik perhatian mereka seperti konten yang lucu dan menghibur serta pertimbangkan jasa influencer untuk menaikkan engagement social media bisnis Anda.

Jangan tawarkan produk Anda secara terus menerus. Ingat, mereka bermain social media untuk mengisi waktu liburan mereka bukan mencari penawaran yang Anda tawarkan. Saya menyarankan buatlah konten yang tidak kaku dan tidak terlalu serius untuk pelanggan Anda di musim ini.

4. Ikuti Tren Yang Ada

Jangan melupakan tren yang ada karena mereka akan dengan cepat mempromosikan layaknya iklan profesional secara gratis. Contoh tren saat ini adalah video pendek Tiktok, Instagram Reels, dan YouTube Short.

Hasil pencarian kata kunci ‘kembaang api’ pada Google Trends Indonesia sepanjang Desember 2020 hingga November 2021.

Jika Anda memfokuskan pada pencarian Google, pastikan menggunakan keyword yang tepat.

Lakukan riset dengan tim Anda keyword manakah yang cocok untuk musim liburan tahun ini. Gunakanlah Google Trend untuk menganalisanya dan catat setiap keyword yang mempunyai traffic tinggi sesuai dengan target pasar Anda.

Pada keyword kembang api frekuensi pencarian terbanyak ada di akhir tahun bulan Desember. Tren ini dikarenakan banyaknya orang yang menelusuri kembang api untuk merayakan pergantian tahun.

5. Beriklan

Taktik pemasaran internet yang bisa Anda lakukan adalah beriklan.

Walaupun anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit tetapi hal ini sangat diperlukan demi bersaing mendapatkan urutan teratas dalam pencarian dan menarik pelanggan baru.

Gunakan trik marketing ulang dengan menargetkan orang yang telah membuka situs Anda atau yang sama dengan selera mereka walaupun mereka belum mengunjungi website Anda.

Misal, barang yang Anda jual adalah sepatu Nike. Targetkan iklan Anda pada orang-orang yang telah mencari keyword sepatu Nike. Temui mereka pada media sosialnya, dan situs yang sedang mereka kunjungi. Ini disebut sebagai taktik pemasaran retargeting ads.

6. Posisikan Diri Anda Sebagai Pelanggan

Memosisikan diri sebagai pelanggan adalah cara penutup yang biasa disebut sebagai evaluasi terhadap campaign atau hal yang telah kita lakukan.

Langkah ini dilakukan untuk menilai seberapa mudahnya pelanggan menemukan bisnis kita dan seberapa nyamankah pelanggan terhadap apa yang kita tawarkan. Jika ada yang perlu diubah sebaiknya segera diubah dan jangan mempersulit pelanggan hanya untuk birokrasi yang berujung enggannya mereka mengunjungi kembali situs kita dan membuat penawaran.

Pastikan juga platform yang Anda gunakan user friendly.

Menurut Anda, manakah taktik pemasaran internet yang paling tepat pada musim liburan tahun ini? Apakah Anda pernah mencoba salah satu dari pemaparan tersebut? Yuk, berbagi taktik internet marketing versi Anda pada kolom komentar di bawah ini, ya!


PT SMARTIT MANTAP DIGITAL INDONESIA adalah agensi digital dengan jasa SEO dan Google Ads PPC sebagai bagian dari keahliannya. Kami telah membantu klien mulai dari UKM hingga perusahaan. Portofolio kami termasuk membantu klien kami mendapatkan lalu lintas organik yang lebih berkualitas dan pengguna PPC yang ditargetkan. Jika Anda membutuhkan konsultasi tentang strategi SEO Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami.