Tren SEO di 2021

by Heru Setiawan on Mar 20 2021

Tren SEO 2021

Pada artikel tahun lalu, kami memposting tentang tren SEO di tahun 2020. Mari kita lihat di tahun 2021, bagaimana tren ini telah berubah dan apa metrik atau tren SEO yang penting di tahun 2021. Kami mengumpulkan tren ini dari berbagai sumber yang memiliki kredibilitas materi pembelajaran SEO.

Karena itu, tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita bahas tren SEO 2021 ini.

Pengguna dan Maksud Pencarian

Sama seperti tahun lalu, pengguna dan niat pencarian mendapatkan sorotan sebagai salah satu faktor terpenting dalam SEO. Faktor ini telah menjadi metrik reguler dan salah satu metrik terpenting untuk SEO.

Salah satu cara untuk memahami pengguna dan maksud penelusuran adalah dengan benar-benar melihat hasil penelusuran. Google menampilkan hasil berdasarkan pengguna dan maksud pencarian. Oleh karena itu, dengan melihat hasil, menganalisis dan membentuk jenis informasi dan konten apa yang dibutuhkan untuk maksud tertentu itu, kita dapat membuat dan menyajikan konten dengan lebih baik.

Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara:

  1. Dengan menulis konten yang memenuhi kebutuhan pengguna, bukan hanya produk dan perusahaan Anda.
  2. Meningkatkan E-A-T Anda (Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan) pasti akan membantu SEO situs Anda menjadi lebih baik.
  3. Jadikan situs web Anda lebih cepat dan tidak repot (munculan, pendaftaran) bagi pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Memuaskan niat pengguna Anda menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Vital Web Inti

Pada pertengahan tahun lalu, Google mengumumkan web vitals inti yang akan membantu mengukur pengalaman pengguna:

  1. Largest Contentful Paint (LCP) untuk mengukur waktu pemuatan.
  2. Time to Interactive (TI) untuk mengukur interaktivitas.
  3. Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS) untuk mengukur stabilitas visual.

Web vital inti ini akan menjadi salah satu sinyal peringkat di SERP Google pada Mei 2021. Oleh karena itu, sangat penting untuk memprioritaskan situs web agar berkinerja baik dalam metrik ini. Anda dapat menggunakan Google Pagespeed untuk mengukur kinerja situs web Anda.

Pada dasarnya, yang menentukan apakah situs Anda ramah seluler dan memiliki kegunaan dan aksesibilitas tinggi. Faktor-faktor seperti keramahan seluler, kecepatan, kegunaan, dan aksesibilitas adalah penting. Strategi sebelumnya seperti konten yang lambat memuat, menggabungkan dan meminimalkan CSS dan JavaScripts menjadi standar. Terutama, tentang penggunaan format gambar generasi berikutnya seperti WebP, JPEG 2000, dan lainnya untuk memuat gambar lebih cepat.

Fokus pada peningkatan data vital web inti Anda. Tidak hanya Google yang akan berterima kasih tetapi pengguna Anda akan berterima kasih lebih lanjut (yang menurut saya lebih penting, bukan?).

Branding, E-A-T, dan Konten Mendalam

E-A-T Anda biasanya dikemas dalam merek Anda. Oleh karena itu, penting bahwa saat melakukan SEO di situs web Anda, Anda juga membangun merek Anda di dunia online maupun di dunia offline. Merek menyebutkan beberapa orang mengatakan dipantau dan difaktorkan sebagai bagian dari peringkat SEO.

Cara lain pasti dengan meningkatkan E-A-T Anda. Beberapa cara untuk melakukan ini pasti dengan meningkatkan jumlah backlink yang berkualitas ke situs web Anda. Pastikan bahwa backlink yang Anda miliki ke situs web Anda berasal dari situs yang relevan dan tidak beracun. Mereka juga perlu dilakukan secara organik daripada menggunakan skema berbayar dengan jangkar penghasil uang.

Cara lain untuk meningkatkan E-A-T Anda adalah dengan pasti meningkatkan jumlah konten mendalam tentang topik tersebut. Sangat penting bahwa topik yang Anda tulis tentang jawaban pengguna atau maksud pencarian.

Terakhir, Anda juga dapat terhubung dengan influencer (seperti blogger, influencer media sosial, dan lainnya) untuk meningkatkan mention dan backlink merek Anda. Sama seperti backlink, pastikan bahwa influencer yang terkait berada di ceruk yang sama atau terkait dengan bisnis Anda. Kata kunci di sini adalah relevansi.

Riset Kata Kunci Cerdas

Google mendorong lebih banyak pencarian tanpa klik – misalnya, memberikan jawaban bahkan sebelum mengunjungi situs web, menampilkan jawaban menggunakan pencarian prediktif, dan banyak lagi. Oleh karena itu, menjadi lebih penting bagi kita untuk dapat melakukan penelitian kata kunci dengan benar.

Menemukan kata kunci yang tepat yang dapat membantu mendorong lalu lintas dan pada akhirnya menghasilkan penjualan menjadi suatu keharusan. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membidik kata kunci ekor panjang, kata kunci pencarian dengan maksud membeli, dan banyak lainnya.

Cuplikan Unggulan (Rich Snippets)

Di sisi lain, pencarian tanpa klik memberikan peluang bagi kami untuk meningkatkan E-A-T kami dan menciptakan kesadaran merek. Hasil pencarian tanpa klik ini biasanya disajikan melalui artikel kami yang mendalam serta melalui cuplikan kaya dalam hasil dan alat seperti jawaban.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk menerapkan cuplikan kaya di halaman utama kami. Anda dapat memeriksa beberapa cuplikan kaya yang tersedia di Google melalui galeri pencarian Google.

  • Artikel
  • Book
  • Remah roti
  • Korsel
  • Peristiwa
  • Bagaimana caranya
  • Logo
  • Produk
  • Ulasan
  • Tautan situs
  • Video

Menggunakan cuplikan kaya akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERP.

Pencarian Suara

Dengan semakin banyaknya speaker pintar seperti Asisten Google, Siri Apple, dan Alexa Amazon, yang memasuki pasar, teknologi penelusuran suara menjadi jauh lebih baik dan populer. Diperkirakan pada tahun 2022, 55% rumah tangga akan memiliki smart spaker.

Untuk mengoptimalkan pencarian suara, bayangkan frasa panjang yang digunakan orang dalam percakapan sehari-hari. Gunakan frasa ini untuk mengoptimalkan di beberapa halaman web Anda.

Kecerdasan Buatan

Beberapa tahun yang lalu, Google merilis algoritme bernama RankBrain yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Pada dasarnya, bagaimana Anda mengoptimalkan SEO untuk RankBrain? Para ahli mengatakan bahwa sinyal pengalaman pengguna mungkin menjadi salah satu sinyal utama seperti rasio klik-tayang (CTR) dan waktu yang dihabiskan di halaman. Secara keseluruhan, berfokus pada memberikan jawaban yang relevan untuk apa yang dicari pengguna DAN menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa bagi pengguna dapat membantu Anda untuk menang dalam mengoptimalkan RankBrain.

Pemasaran Video

Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumsi video terus meningkat terutama pada masa pandemi ini dan dapat melampaui semua bentuk konten lainnya. Selain itu, Anda dapat melihat bahwa Google sering kali menampilkan lebih banyak hasil video di SERP mereka.

Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan saluran video Anda (misalnya YouTube). Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan ini dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk nama dan deskripsi saluran Anda. Sama seperti menulis artikel, deskripsi saluran Anda harus ditulis untuk pengguna dan tidak boleh dijejali dengan kata kunci.

Untuk menemukan kata kunci apa yang harus Anda gunakan, coba gunakan pencarian saran otomatis YouTube. Ketik beberapa karakter pertama kata kunci Anda dan lihat saran yang diberikannya. Gunakan kata kunci ini dalam nama dan deskripsi saluran YouTube Anda.

Kami akan memberikan lebih banyak strategi SEO untuk mengoptimalkan channel YouTube Anda di masa mendatang.

Google Bisnisku

Ini adalah suatu keharusan dan sangat mudah untuk diatur. Jika saat ini Anda tidak memiliki Google Bisnisku, Anda harus memilikinya sekarang! Jika Anda sudah memilikinya, pastikan Anda mengoptimalkannya dengan kata kunci yang tepat dalam deskripsi, memilih kategori yang tepat, dan pengoptimalan lokal lainnya. Ada strategi SEO Google Lokal lainnya yang dapat Anda gunakan.

Kesimpulan

Singkatnya, tren SEO 2021 mirip dengan tren tahun lalu. Salah satu prioritas utama untuk tren tahun ini yang harus Anda miliki adalah meningkatkan data vital web inti Anda. Prioritas lain yang sangat penting adalah:

  1. Menemukan pengguna dan maksud penelusuran
  2. Merek, E-A-T, dan Konten Mendalam
  3. Lebih pintar dalam meneliti kata kunci
  4. Cuplikan unggulan
  5. Pengoptimalan saluran video
  6. Optimasi pencarian suara
  7. Google Bisnisku

Ada banyak hal yang harus dilakukan dalam SEO. Strategi kami dimulai dengan memahami tujuan kami dan mengaudit situasi SEO kami saat ini. Dari hasil audit digunakan prinsip pareto 80/20. 20% tugas mana yang dapat saya lakukan yang dapat memberikan dampak 80%.

Dengan ini, terima kasih telah membaca tren SEO 2021. Semua yang terbaik dalam upaya SEO 2021 Anda! Percaya tahun ini akan menjadi tahun yang hebat meski ada pandemi.

PT SMARTIT MANTAP DIGITAL INDONESIA adalah agensi digital dengan jasa SEO dan Google Ads PPC sebagai bagian dari keahliannya. Kami telah membantu klien mulai dari UKM hingga perusahaan. Portofolio kami termasuk membantu klien kami mendapatkan lalu lintas organik yang lebih berkualitas dan pengguna PPC yang ditargetkan. Jika Anda membutuhkan konsultasi tentang strategi SEO Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami.