Sederet Cara Mengurangi Biaya CPA

by Danang Widiatmoko on Jan 12 2022

CPA (cost per acquisition/action) atau BPA (biaya per aksi) adalah salah satu model pembayaran dimana pengiklan hanya membayar jika iklan tersebut menghasilkan konversi berupa penjualan atau tindakan lain. Tips cara mengurangi biaya CPA tentunya sangat bermanfaat untuk efisiensi biaya iklan. Pasalnya, biaya CPA biasanya cukup tinggi karena konversi relatif lebih jarang terjadi.

Umumnya, kesepakatan dalam CPA tidak berdasarkan jumlah penjualan tertentu, melainkan berusaha menayangkan dan menghasilkan konversi sebanyak mungkin. Umumnya situs akan menayangkan iklan dengan sistem pembayaran CPA setelah iklan CPM dan CPC terlebih dahulu. Meskipun demikian, ini tetap merupakan jenis kesepakatan yang bisa jadi paling menguntungkan bagi kebanyakan pengiklan.

Jika Anda hanya membayar saat iklan menghasilkan konversi, sekaligus dengan biaya yang bisa ditekan, ini tentu lebih baik lagi. Untuk mengetahui tips cara mengurangi biaya CPA, mari kita simak artikel ini hingga selesai.

12 Cara Mengurangi Biaya CPA

Melansir dari Searchenginejournal, cara mengurangi biaya CPA yang efektif tersebut meliputi:

1. Meninjau Kembali Struktur Akun

Untuk dapat menurunkan CPA penting sekali untuk memikirkan dengan matang struktur kampanye yang akan dilakukan. Pasalnya, anggaran ditetapkan pada campaign level. Hal ini membuat distribusi anggaran akan bergantung pada struktur kampanye yang direncanakan.

Maka dari itu, saat Anda menyusun struktur kampanye, pikirkan dengan saksama tema iklan, audiens atau kata kunci yang menjadi sasaran, serta prioritasnya. Dengan demikian, Anda akan dapat menyalurkan anggaran secara tepat ke tujuan yang diinginkan.

2. Menyeimbangkan Anggaran Iklan

Cara mengurangi biaya CPA selanjutnya yang dapat memberikan hasil baik di masa depan, adalah dengan menyeimbangkan anggaran iklan. Alokasikan anggaran secara tepat pada iklan berbiaya CPA terendah tetapi memiliki ruang untuk berkembang.

Saat mengevaluasi berapa banyak yang masih tersisa untuk belanja iklan, maka periksa metric seperti:

  • Lost Is (budget)
  • Impression share
  • Impression abs
  • Top of page IS

Jika Anda melihat peluang potensi pertumbuhan pada metric tersebut, Anda dapat mengevaluasi kembali anggaran campaign. Apakah mungkin untuk menarik dana dari kampanye lain dengan efektivitas lebih rendah tetapi memiliki anggaran lebih tinggi. Evaluasi setiap kampanye CPA, ad group, audiens, atau keywords.

Evaluasi tersebut dapat digunakan untuk memastikan kampanye Anda yang paling efektif dapat didanai sepenuhnya. Ingatlah bahwa struktur kampanye tidak boleh kaku, tetapi harus dapat terus berkembang seiring perubahan tujuan serta sasaran bisnis.

3. Penyelarasan Tawaran atau Anggaran Kampanye

Jika Anda memiliki campaign yang dibatasi oleh anggaran, impression share, klik share, dan ABS, cobalah menganalisis apakah wajar untuk menurunkan tawaran harga pada ad group dan keywords.

Menyelaraskan tawaran dengan anggaran campaign sangat penting untuk memaksimalkan efisiensi dan cara mengurangi biaya CPA. Ada baiknya menurunkan tawaran untuk memperoleh hasil berupa lebih banyak klik dan konversi dengan anggaran yang sama.

Anda dapat memeriksa pada kolom “first page bid estimate” untuk melihat posisi harga terendah. Ini dapat dilakukan jika ingin memastikan bahwa Anda mempertahankan tawaran cukup tinggi untuk tetap berada di halaman pertama SERP.

4. Kata Kunci & Penargetan

Kata kunci adalah faktor penting untuk dalam paid search campaign. Untuk meningkatkan kinerja CPA, maka pengoptimalan kata kunci adalah hal yang sangat penting. Lakukan peninjauan secara rutin untuk mengetahui istilah atau kata kunci apa yang memicu iklan Anda.

Pastikan kata kunci pencocokan luas dan tepat, relevan, serta dapat memicu pelanggan dari ad group yang tepat.

  • Tambahkan kata kunci baru dari Laporan istilah penelusuran pada bagian Relevansi. Hal ini dapat meningkatkan kualitas kata kunci. Tambahkan juga kata kunci ke daftar kata kunci negatif.
  • Pada bagian Pemicu, pastikan kata kunci yang optimal dipicu dari grup iklan yang optimal. Namun jika kata kunci ternyata dipicu dari ad group yang tidak diinginkan, tambahkan kata kunci negatif tingkat ad group. Anda dapat menggunakannya untuk grup iklan yang tepat di masa mendatang.

5. Perluasan Kata Kunci

Perluasan kata kunci sangat penting untuk kesuksesan campaign jangka panjang. Anda dapat secara teratur melihat Google Keywords Planner dan Search Term Report. Anda juga dapat menggunakan laporan intel kompetitif melalui berbagai solusi seperti Semrush, SimilarWeb, Spyfu, dll.

Perluasan kata kunci juga dapat dilakukan dengan menggunakan campaign Dynamic Search Ads (DSA). Saat DSA memicu kata kunci yang relevan, Anda dapat menambahkannya sebagai kata kunci negatif ke DSA namun memasukannya ke kampanye CPA yang sesuai.

6. Penyesuaian Tawaran Non-Keywords

Cara mengurangi biaya CPA juga dapat dilakukan dengan menyesuaikan tawaran untuk berbagai dimensi selain kata kunci. Beberapa contoh penyesuaian dapat diakukan pada pemilihan:

  • Perangkat (desktop, tablet, seluler, TV pintar).
  • Audiens (Afinitas, Dalam Pasar, Demografi Terperinci, Kustom dll.).
  • Demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan).
  • Waktu
  • Jenis Interaksi

Penyesuaian pada dimensi tersebut di atas yang tepat dan relevan dengan iklan, maka dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas iklan.

7. Personalisasi Iklan

Relevansi iklan sangat penting untuk mengurangi biaya CPA. Gunakan “Ad Customizer” sebagai cara terbaik untuk mempersonalisasi teks iklan tanpa mengelompokkan kata kunci atau pemirsa ke dalam grup iklan atau kampanye terpisah. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan dari “Business data feeds”.

8. Optimasi Pasca-Klik

Pengalaman pengguna pasca klik iklan dapat meningkatkan engagement dan conversion rates untuk landing page. Ini dapat meningkatkan efisiensi dan menjadi cara mengurangi biaya CPA. Tools Google Page Speed Insights dapat membantu untuk mengidentifikasi hal-hal teknis yang dapat dikembangkan untuk website Anda.

Selain itu, konten yang dinamis dapat dikonfigurasi agar pengiklan dapat mengontrol konten halaman. Selain optimasi landing page, tentunya Anda perlu mendesain keseluruhan website agar dapat memberi pengalaman pengguna terbaik bagi pangsa iklan Anda.

9. Personalisasi Perjalanan Pengguna

Sebelum melakukan pembelian, konsumen mungkin perlu melakukan beberapa kali kontak dengan iklan sebelum sampai pada proses penjualan. Mulai dari kurangnya kesadaran pengguna terhadap merek, merasa cukup nyaman dengan merek, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli.

Anda dapat mencoba untuk melakukan penargetan ulang yang dipersonalisasi berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengan situs web atau media sosial Anda. Menambahkan touchpoint yang dipersonalisasi dan menyentuh kebutuhan pengguna, dapat membuat iklan Anda lebih menonjol dari pesaing lain. Ini membuat iklan lebih efektif dan bagus untuk cara mengurangi biaya CPA.

10. Gunakan Bagian Rekomendasi

Bagian Rekomendasi di Google Ads juga dapat digunakan untuk mengurangi biaya CPA. Google akan memberikan skor untuk kampanye dan akun Anda berdasarkan seberapa optimal akun Anda menurut Google. Ini disebut dengan optiscore.

Google akan memberikan rekomendasi yang berjalan seiring dengan Optiscore Anda. Dimana rekomendasi tersebut dapat mencakup:

  • kata kunci
  • iklan
  • bidding
  • audiens
  • dll.

Mungkin tidak semua rekomendasi yang tercantum bagus menurut Anda, tetapi ada cukup banyak peluang untuk menjadi batu loncatan. Jika Anda dapat mengidentifikasi peluang, Anda dapat menindaklanjutinya untuk kampanye yang lebih efektif.

11. Strategi Penawaran Otomatis

Cara mengurangi biaya CPA selanjutnya adalah dengan strategi penawaran otomatis yang terdiri dari penawaran Konversi Maks dan Nilai Konversi Maks. Anda dapat menggunakan target biaya per akuisisi (tCPA) atau target laba atas belanja iklan (tROAS). Cara mengurangi biaya CPA dengan strategi penawaran otomatis dapat mendorong hasil jangka panjang.

12. Integrasi Data

Mengintegrasikan data dapat membuka potensi pertumbuhan besar-besaran. Saat ini Anda dapat mengintegrasikan audiens CRM dan data konversi ke Google Ads. Cobalah untuk mengsinkronkan CRM melalui Audience Manager.

Itulah 12 cara mengurangi biaya CPA. Searchenginejournal menyarankan untuk memprioritaskan empat poin pertama bagi efisiensi dalam janga panjang termasuk biaya CPA yang lebih rendah. Anda dapat memilih beberapa poin selanjutnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan.