Mengambil tindakan pada saat competitor membeli kata kunci brandmu itu sangat penting.  Ada 4 cara yang dapat Anda lakukan ketika competitor membeli kata kunci brandmu dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk bisnis mu.

Sebelum itu, apakah Anda menggunakan penelusuran yang berbayar untuk mempromosikan brandmu secara online?

Pada tanggal 4 Juni 2019, Google resmi menghapus pembatasan yang menghentikan brand dari penawaran pada kata kunci Brand milik pesaing. Syarat yang tersisa adalah bahwa competitor tidak dapat menggunakan nama brand produkmu dalam salinan iklannya mereka.

Perlu diketahui, mulai 4 Juni pun pemasar atau penjual di sekitar 200 negara mulai diizinkan untuk membeli trademark saingan mereka sebagai kata kunci untuk memancing tampilan iklan ”pencarian bersponsor”di Google.

Pihak google memutuskan penerapan strategi ini secara lebih luas karena Google yakin ini berjalan sesuai hukum yang kuat. Ini artinya laporan dan keluhan apapun tidak akan di anggap oleh Google sedikit pun.

Jadi apa solusi dari masalah ini?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu :

1. Miliki Nama Brand / Merek Anda

C:\Users\admin1\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\sem-vs-ahrefs-ad-616ec398be7d0-sej.png

Manfaat untuk membeli nama brandmu sendiri adalah Anda bertanggung jawab atas pengiriman pesan dan ini memberikan Anda kesempatan untuk membuat berbagai jenis iklan yang bisa Anda uji untuk melihat nama paling efektif.

Pada saat competitor membeli brand Anda, mereka tidak akan tertarik untuk mengunggah iklan yang ada hubungannya dengan bisnis Anda. Jadi hanya karena competitor membeli nama brand mu bukan berarti Anda harus menggunakan salinan yang sama juga.

Contoh nya seperti di bawah ini :

2

Maka dari itu sebaiknya Anda mengontrol pesan dengan cara memposisikan bisnis mu secara akurat ketika prospek dan competitor terlihat. Ada juga beberapa penawaran yang dapat membantu mu dalam situasi ini diataranya :

Target Pangsa Tayangan

Target pangsa tayangan ini artinya strategi bidding yang secara otomatis menetapkan bid dengan sasaran menampilkan iklanmu di bagian atas, bagian absolut, atau dimana pun pada halaman hasil penelusuran Google.

3

Caranya buka Setelan > Penawaran > Ubah strategi penawaran > Target pangsa tayangan.

Dan Google ads kemudian akan langsng secara otomatis menetapkan bid Anda untuk membantu memenuhi target.

2. Bicara Dengan Competitor, Ajukan Hentikan

Hal terpenting bagimu sebelum mengambil tindakan apapun adalah memeriksan kembali dan menjangkau competitor yang membeli kata kunci brandmu untuk meminta mereka menghetikan dan menghapus iklan. Meski tidak menjamin berhasil. Namun, hal ini adalah keputusan yang baik karna Anda memberikan kesempatan kepada pesaing mu untuk menyelesaikan dan memperbaiki keadaan antara Anda dan dia. 

Tapi jika semua proses negosiasi gagal, tindakan secara hukum akan menjadi jalan yang baik untuk memotivasi competitor agar mengalihkan anggaran mereka ke tempat lain.

3. Ajukan Keluhan Trademark

Anda bisa mengajukan keluhan brand produk untuk mencegah semua pengiklanan menggunakan salah satu kata kunci brand mu dalam salinan iklan pesaing mu. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika nama brand mu trademark.

Langkah cerdas ini dapat membantu menghentikan sebagian besar bentuk penyalahgunaan trademark Google Ads, terlepas dari segala macam situasi karena langkah ini tidak akan menghentikan 100% pelanggaran, namun terus mengurangi secara signifikan.

Anda juga dapat mengajukan keluhan ini ke Google dan Bing, caranya :

a. Ajukan Keluhan dengan Alamat Email Pemilik Brand

Dengan mengirimkan keluhan mengunakan alamat email pemilik brand dapat menghapus beberapa verifikasi tindak lanjut yang diperlukan untuk proses klaim.

b. Kumpulkan Dokumen Pendukung Telebih Dahulu

Mengumpulkan dokumen pendukung adalah hal terpenting yang harus dilakukan sebelum memulai proses. Seperti, daftar lengkap istilah yang bemerek dagang (trademark) , nomor pendaftaran merek dagang dan Negara, nama pemilik brand, ID dan akun iklan mu, tangkap layar dari iklan yang menyinggung, daftar semua situs yang anda izinkan menggunakan trademark mu (jika ada), manajer akun Bing/Google mu atau agensi mu.

4. Bid Kata Kunci Brand Competitor muf

Jika cara sebelumnya gagal, Anda bisa melakukan bid pada kata kunci brand competitor, dengan BPK mu yang lebih tinggi Anda bisa melakukan itu.  Namu sebelum Anda menawar, teliti dulu jumlah traffic yang dihasilkan pesaing mu berdasarkan istilah brand yang mereka gunakan.

Semrush, Spyfu, dam tools lain nya sangat membantu untuk ini. Serta sangat mudah di pelajari dan dinavigasi. Anda akan mendapatkan hasil terbaik pada kata kunci untuk bid dan jumlah traffic yang diharapkan.

Dengan menargetkan competitor yang membeli brand mu, Anda dapat memaksa BPK mereka lebih tinggi, menaklukan beberapa volume prospek mereka, dan berpotensi memaksa mereka untuk berhenti melakukan bid pada nama brand Anda , dan ini merupakan hal yang baik.

Perlu diingat kembali, Anda tidak dapat menggunakan trademark pesaingmu di salinan iklan Anda , jadi Anda harus pintar dan kreatif saat membuat iklan, juga dilarang untuk menyertakan istilah trademark dalam salinan iklan itu sendiri. Ini akan meninggalkan relevansi yang sangat rendah dan akan menghasilkan BPK yang sangat tinggi dibandingkan dengan rata-rata akun mu, dan hal ini akan membuat kinerjanya terhambat.

Itulah cara yang bisa dilakukan ketika competitor membeli kata kunci brand mu, sekarang lindungi brand Anda dari pesaingmu. Ketika pesaing mu melakukan bid kata kunci brand milikmu, Anda harus segera melakukan tindakan diatas agar mereka tidak terus mengambil prospek berharga dari saluranmu. Namun jika semua nya gagal, maka pilihan terakhir Anda harus melakukan bid pada kata kunci milik pesaingmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu ada.