Pada saat Anda menghadirkan beberapa produk baru Anda ke pasar, atau Anda menemukan ide dan inovasi baru pada layanan yang sudah ada tapi popularitasnya hilang. Lalu, Anda mempromosikan produk atau layanan baru Anda melalui Google Ads.

Untuk sementara, mungkin Anda mendominasi paid search. Tetapi ada saat dimana kompetitor atau para pemula di Google Ads melihat kesuksesan Anda dalam mengembangkan produk Anda. Itu akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan produk atau layanan mereka sendiri untuk mengklaim bagian pasar Anda, dan mulai saat itu mereka adalah pesaing baru Anda.

Lalu apa yang akan Anda lakukan untuk menang di paid search ketika banyak kompetitor?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga dan menang di paid search, diantaranya :

1. Terus Pantau Tren Kompetitor

Anda harus terus memantau ruang Google Ads untuk menjaga dan tetap menang di paid search. Dengan begiu Anda dapat mendeteksi kompetitor melalui metrik tayangan Google Ads, seperti pangsa tayangan absolut yang hilang dan pangsa tayangan teratas absolut. Atau Anda juga dapat menemukan bukti kompetitor melalui auction insights (wawasan lelang) di Google Ads.

Di auction insights Anda dapat membandingkan kinerja Anda dengan pengiklan lain yang berpartisipasi dalam lelang yang sama, dengan statistik seperti pangsa tayangan dan rasio plagiat.

Dan alat analisis lainnya seperti semrush dapat membantu Anda mengetahui kapan para kompetitor telah meningkatkan anggaran iklan mereka.

2. Cari Kerentanan dan Peluang

Carilah peluang untuk mengalahkan kompetitor setelah Anda mengidentifikasinya. 

Misalnya, jika kompetitor baru mengenal pasar, mereka tidak memiliki anggran untuk menjalankan iklan 24/7 jadi carilah waktu dimana mereka tidak beriklan. Jika kompetitor Anda memutuskan untuk tidak beriklan pada akhir pekan atau malam hari, maka cobalah jadwalkan beberapa iklan untuk waktu tersebut.

3. Tunggu Mereka !

Pendapatan Anda mungkin menurun pada saat kompetitor baru memasuki pasar, dan akibatknya Anda jadi harus mengurangi beberapa anggaran atau bahkan mematikan iklan Google Ads karna pemdapatan yang tidak seperti semula. Tapi tenang saja, karna seringkali pendapatan itu akan naik kembali jika Anda tetap berada di jalurnya, jadi Anda harus tetap bersabar ya!

Ada saat dimana kompetitor menyadari bahwa betapa sulitnya bersaing di pasar sehingga mereka akan memutuskan berhenti beriklan, dengan begitu pendapatan Anda akan pulih kembali, pastikan sampai saat itu Anda tetap bertahan dengan stabil.

Perlu diketahui bahwa google akan memberikan penghargaan kepada pengiklan yang stabil dan konsisten, maka dari itu Anda tidak boleh mematikan iklan Anda.

Dalam beberapa kasus menunjukan bahwa saat Anda menonaktifkan kampanye google ads (terutama yang menggunakan strategi bidding otomatis), Anda mungkin akan menemukan biaya per klik yang jauh lebih tinggi saat mengaktifkan lagi kampanye.

Jadi apapun yang terjadi pertahankan iklan Anda dalam menghadapi persaingan yang kuat.

4. Jangan Beriklan Terlalu Jauh

Ketika mengetahui kompetitor Anda sedikit, Anda mungkin akan tergoda untuk beriklan disetiap pasar yang Anda layani, tetapi jika terlau sering melakukan itu Anda membuat diri Anda sendiri rentan terhadap kompetitor ketika memasuki pasar. Persempitlah iklan Anda dan sertakan negara bagian atau kota dengan kinerja terbaik alih-alih menyebar ke seluruh negeri.

5. Kualifikasi Klik Anda

Jika Anda berencana untuk menunggu kompetitor berhasil dalam jangka yang panjang, maka Anda perlu mamastikan bahwa setiap per klik diperhitungkan untuk membantu anggaran Anda lebih jauh.

Jika Anda mendapatkan banyak klik tapi sedikit pembeli, ini berarti bahwa kompetitor meremehkan Anda dalam hal harga. Tetapi jika prduk Anda lebih unggul dari produk mereka, Anda dapat menetapkan harga yang lebih tinggi.

Maka dari itu, simpan harga itu di iklan Anda. Karna ini akan membantu Anda memenuhi syarat pengunjung sebelum mereka mengklik dan memaksimalkan anggaran Anda.

6. Pamerkan Keunggulan Anda

Pada saat yang sama, pelajari pesan Anda untuk mengkomunikasikan bagaimana dan mengapa produk Anda lebih baik dari pada kompetitor. 

Jika Anda ingin membedakan diri Anda dengan jelas darinya, terutama jika Anda berada pada titik harga yang lebih tinggi. Gunakan pesan iklan Anda untuk mengkomusikasikan pembeda tersebut dan menempatkan harga Anda dalam konteks. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pesan Anda untuk menekan keuntungan real time, meskipun itu sifatnya sementara.