Tren Retail Mendatang

by Danang Widiatmoko on Jan 13 2022

Tahun yang baru akan mendatangkan tren baru di dunia ritel dan e-commerce. Pada tahun 2020-2021, terlihat pertumbuhan yang besar dalam dunia perdagangan sosial, pemasaran influencer, dan kemajuan dalam penjualan secara online. Naik nya lonjakan perdagangan secara online sekarang menjadi norma baru bagi seluruh masyarakat saat ini. Melihat kemajuan teknologi di industri ritel saat ini, berikut adalah tren inovatif dalam ritel yang harus diperhatikan pada tahun 2022. 

Tren Ritel Perdagangan Sosial

Akibat dari pandemi COVID-19 mengharuskan beberapa toko tutup secara fisik. Maka dari itu lonjakan belanja online akan tetap ada.

Menurut penelitian terbaru dalam 12 bulan terakhir, lebih banyak orang mengatakan bahwa mereka membeli secara online setidaknya setiap hari. Penjualan online ini memudahkan para pembeli untuk melakukan pembelian langsung dari aplikasi atau situs web media sosial. 

Pada tahun 2020 terlihat beberapa sosial media seperti Facebook dan Instagram memiliki fitur baru di beranda nya yaitu “toko” dengan fitur baru ini penjual dapat membuat koleksi produk unggulan, serta mengubah tampilan toko mereka dengan spanduk, gambar, warna, dan tombol. Serta memudahkan konsumen yang menggunakan media sosial ini untuk membeli barang.

Tren Ritel Pendekatan Baru untuk Pemasaran Influencer

Pada tahun 2021, terlihat perubahan dalam kerja sama antara penjual dan influencer.

Konten influencer perlahan membuat ide baru dalam memasarkan produk dengan berfokus pada konten yang unik, mengutamakan pendidikan, hiburan, dan pengalaman.  Perubahan ini akan terus berlanjut ke industri ritel tahun 2022 mendatang.

Dengan banyaknya toko yang tutup, pembeli jadi tidak dapat mencoba barang yang akan dibeli dalam toko. Maka dari itu media video akan menjadi media terpenting tahun 2022 untuk kemitraan influencer.

Banyak penjual yang sudah bermitra dengan influencer untuk membuat dan berbagi konten di IGTV, Instagram Live, TikTok, dan Instagram Reels.

Secara keseluruhan, mereka akan membutuhkan konten video otentik untuk menjaga campaign influencer mereka tetap terlibat pada tahun 2022.

Tren Pengiriman di Hari yang Sama (atau Lebih Cepat)

Seperti harapan pelanggan untuk waktu pengiriman yang semakin cepat. Penjual harus mengembangkan layanan pengiriman mereka. Seperti bermitra dengan jasa pengiriman yang mampu melayani pengiriman dalam kota, antar kota, maupun antar provinsi.

Namun di era kepuasan yang instan, pembeli tetap menginginkan pesanan mereka secepatnya datang di hari yang sama. Penjual bisa menggunakan jasa antar cepat oleh ojek online untuk pengiriman barang antar wilayah setempat atau beberapa toko sudah menggunakan teknologi drone untuk mengirimkan pesanan pembeli dalam 30 menit atau kurang. 

Tren Peningkatan Fokus pada Kesehatan Pribadi dan Perawatan Diri

Selain karena pandemi yang mengubah bisnis utama, COVID-19 juga mengubah barang-barang yang lebih disukai oleh para pembeli online untuk dibeli. Di tengah gelombang pertama pandemi, sikap konsumen sangat terfokus pada pembelian produk kesehatan pribadi. 

Para penjual atau pemilik bisnis online harus memperhatikan perubahan ini, dan memprioritaskan cara mereka dapat mendukung gaya hidup sehat bagi konsumen, pembeli, dan karyawan.

Misalnya, konsumen mengubah kebiasaan pribadi mereka seperti membersihkan lebih banyak permukaan, lebih sering cuci tangan, dan lebih dari 85% konsumen berencana untuk melanjutkan kebiasaan bersih ini setelah COVID-19. Perubahan itu menghadirkan peluang besar untuk penawaran kebersihan pribadi baru dalam portofolio perusahaan mana pun.

Itulah beberapa cara inovatif mengembangkan retail tahun 2022 semoga bermanfaat untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.