Cara Mengembangkan Customer Value

by Danang Widiatmoko on Jan 13 2022

Customer Value adalah tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan sering kali tidak tahu mana pilihan terbaiknya, namun ketika penjual mampu menawarkan suatu produk dengan menarik dan pilihan terbaik itu disebut dengan customer value.

Penawaran tidak hanya menunjukan perbandingan saja tapi juga dengan caranya. Contohnya, orang pertama hanya menjanjikan ketika membeli produknya mampu menurunkan biaya produksi Anda dan meningkatkan keuntungannya, namun orang kedua menunjukkan bahwa ketika menggunakan blendernya, bisnis jus bisa untung 30.000 rupiah lebih setiap kali memblender. Dengan penawaran yang lebih menarik, pelanggan akan memilih penawaran yang kedua karena potensi keuntungan secara konkret tentu lebih puas. 

Apa itu Customer Value?

Value memiliki beberapa makna, mulai dari harga, nilai, uang, dan keuntungan. Ketika membicarakan customer atau pelanggan biasanya merujuk pada keuntungan, keuntungan pelanggan dalam membeli sebuah produk.

Perbandingannya bukan hanya sekedar keuntungan biayanya, namun perbandingan yang lainnya juga. Keterampilan memahami dan memberikan perbandingan disebut sebagai customer value.

Untuk bisa mengetahuinya bisa dengan cara pendekatan dengan customer mulai dari memberikan pengalaman berbelanja, konsultasi, dan pemberian produk terbaik. Dengan itu akan meningkatkan kepuasan dan memberikan persepsi bahwa konsumen diuntungkan.

Hal tersebut bisa mengarah ke beberapa hal positif seperti review yang baik loyalitas pelanggan meningkat dan terjadinya repeat order.

Cara Mengembangkan Customer Value

Salah satu manfaat mengembangkan Customer Value adalah terbangun kepuasan dan loyalitas dari pelanggan.

1. Memahami Sumber Value di Pelanggan

Setiap pelanggan memiliki pemahaman yang berbeda tentang value bisa tentang harga, nilai, uang, dan keuntungan. Sebelum menawarkan sebuah produk langkah pertama menentukan strategi nya lebih baik dengan mencari tahu terlebih dahulu bagaimana pelanggan menganggap tentang valuenya. Cara untuk Anda mengetahuinya bisa melalui survei, mengobrol langsung dengan pelanggan, dan sebagainya. Seiring berkembangnya teknologi fitur polling atau form digital memudahkan pelanggannya untuk berpartisipasi dan memberikan pendapatnya tanpa harus datang ke ritelnya langsung.

2. Memahami Benefit dari Produk Anda

Anda perlu memahami bagaimana kualitas produk secara mendalam dan memahami bagaimana produk Anda bisa dimanfaatkan agar mampu meningkatkan value bagi pelanggan. Untuk mempermudah proses ini dengan cara, pertama adalah mengetahui  sejauh mana produk atau layanan mu memberikan kepuasan terhadap pelanggan, kedua berapa lama dan besar biaya agar pelanggan bisa menikmati produk atau layanan tersebut.

3. Memahami Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah sebuah pembagian atau pengelompokan tentang data calon pelanggan untuk mengetahui minat pelanggan. Pengelompokannya beragam bisa didasarkan atas usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan. Pengelompokan ini bertujuan untuk mengetahui minat dari calon pelanggan. Pemahaman terhadap setiap segmentasi mampu memberikan penawaran lebih sesuai dan tepat sasaran. Serta membuat pelanggan merasa lebih diperhatikan, dihargai, serta diberikan pelayanan ekstra.

Itulah pengertian dan beberapa cara mengembangkan customer value, semoga bermanfaat dan dapat membantu bisnis anda. 

4. Menyusun Skenario Win Win Solution

Menciptakan win win solution adalah salah satu cara jitu mengembangkan customer value. Win win solution artinya adalah saling menguntungkan atau tidak ada kedua pihak yang dirugikan antara penjual dan pembeli. Harus diingat lagi bahwa valuenya itu memiliki banyak macam nilai, mulai dari keuntungan secara material, keuntungan berupa dorongan psikologis, dan berbagai jenis lainnya. Karena itu tidak harus senantiasa menurunkan harganya melainkan menawarkan perbandingan dengan kualitas produk yang membuat pelanggan puas.

5. Fokus Pengembangan ke Pelanggan Paling Optimal

Hal yang paling penting dalam perngembangan customer value adalah fokus pada penembangan ke pelanggan paling optimal. Sebagai pemilik bisnis, Anda dituntut untuk berinovasi untuk mengembangkan usahamu. Hal ini karena pertimbangan sumber daya terbatas, sementara tuntutan pasar yang lebih tinggi.

Dengan fokus pada penembangan ke pelanggan paling optimal memberikan keuntungan bagi perusahaan diantaranya, meningkatkan potensi pendapatan karena pelanggan optimal tidak cepat bosan, menggali pelanggan potensial baru yang memiliki karakter sama, pelanggan optimal akan merasa lebih dihargai atas kontribusinya dalam berbelanja di tokomu. Kepuasan ini akan menjadi bahan obrolan di lingkungannya, sehingga berpotensi mendatangkan berbagai jenis pelanggan baru.