8 Cara Mengoptimalkan Google Business Local Listing

by Heru Setiawan on Jan 25 2020

Untuk mengoptimalkan daftar Google Bisnis kami untuk pencarian lokal, kami harus memahami bagaimana Google menentukan peringkat lokal. Menurut artikel bantuan berikut di Google, Google menetapkan bahwa hasil lokal terutama didasarkan pada relevansi, jarak, dan keunggulan.

Relevansi – Seberapa baik listing lokal Anda cocok dengan apa yang dicari seseorang. Ini jelas terkait dengan informasi yang Anda berikan di cantuman Google Anda.

Jarak – Seberapa jauh bisnis Anda dari pencari?

Keunggulan – Seberapa terkenal bisnis Anda? Ini termasuk informasi tentang bisnis di web (termasuk tautan, artikel, dan direktori). Berlaku untuk ulasan dan peringkat positif yang telah Anda terima dalam daftar Anda.

Jadi, dengan itu ada 8 cara untuk mengoptimalkan daftar bisnis Anda.

Lengkapi Informasi Cantuman Bisnis Google Anda

Kedengarannya sangat jelas tetapi banyak bisnis gagal mengklaim atau bahkan melengkapi daftar bisnis mereka. Sudahkah Anda melengkapi informasi daftar bisnis Anda? Beberapa petunjuk yang dapat membantu Anda melengkapi data Anda:

  1. Pastikan nama bisnis, alamat, dan nomor telepon Anda sudah benar dan terkini. Periksa ulang bahwa informasi ini konsisten dengan kutipan atau informasi yang Anda berikan di tempat lain di web.
  2. Klaim nama pendek Google Business Anda. Sertakan lokasi Anda dalam nama pendek bisnis Anda. Misalnya, “smartitsurabaya” atau “smartitjakarta”
  3. Lengkapi deskripsi bisnis Anda. Pastikan bahwa deskripsi bisnis Anda mengandung kata kunci yang biasanya digunakan prospek Anda.
  4. Pilih kategori dan sub-kategori yang sesuai. Jika bisnis Anda dijalankan di berbagai kategori, pilih satu yang paling penting bagi bisnis Anda – spesifik jika mungkin. Gunakan sub-kategori untuk mengidentifikasi layanan tambahan lain yang Anda tawarkan.
  5. Unggah foto luar biasa – ada begitu banyak jenis foto yang dapat Anda selesaikan di daftar bisnis Google Anda. Lengkapi mereka sebanyak mungkin. Google merekomendasikan hal-hal berikut:
    • 3 bidikan eksterior.
    • 3 tembakan interior.
    • 3 foto tim yang melayani pelanggan.
    • 3 produk.
    • 3 foto kolega dan anggota tim Anda.

Jadilah Responsif dan Aktif di Bisnis Google Anda

Google memiliki banyak fitur untuk daftar bisnis Anda termasuk ulasan, pertanyaan, dan jawaban.

  • Hasilkan ulasan dan tanggapi ulasan. Anda dapat melakukan ini dengan memberikan insentif kepada pelanggan yang berkunjung untuk memberikan ulasan pada daftar bisnis Anda. Ini akan meningkatkan faktor keunggulan untuk listing bisnis Anda.
  • Jawab pertanyaan ketika ditanya sesegera mungkin.
  • Gunakan Google untuk mengirim pembaruan seperti kegiatan, promosi, atau acara yang terkait dengan bisnis Anda.

Jadi, sudahkah Anda mengklaim listing Google Business Anda? Atau, lebih baik lagi, optimalkan untuk prospek masa depan Anda? Mana salah satu langkah yang menurut Anda sangat penting dan bekerja untuk Anda?